Minggu, Februari 26, 2012

Jeki Belanja Sayur Ke Pasar

Berikut adalah percakapan yang terjadi antara Pedagang (P) dan Jeki Yang Rajin Dan Baik Hati (JYRDBH)




errr.. sorry salah gambar.. gambar yang bener dibawah :D 


JYRDBH: Bang ikan teri nya berapa?
P: 8 ribu
JYRDBH: Kalo ikan teri yang ini?
P: 7 ribu
JYRDBH: Yaudah sekilo-sekilo deh bang
*selagi proses nimbang
JYRDBH: Eh banyak amat. setengah kilo aja deh bang.
*begitu selesai nimbang
JYRDBH: Nih bang *ngulurin duit 10ribuan 1 lembar
P: Masing2 setengah kilo totalnya 75 ribu
JYRDBH: HAHH???? APAAAAAAA???????? *kayak di sinetron2 gitu

ehhhh ternyata.. 8ribu itu harga se ons.. lahh mana gue tau?? kan biasanya pedagang pasar ngasih harga ukuran 1 kilo??

akhirnya..

JYRDBH: eheee *nyengir* se ons aja deh bang masing2 ehee *nyengir kayak kuda nil* fiuuuhh.... garuk2 kepala yang ga gatel dah jadinya..


Sabtu, Februari 25, 2012

Tips Cara Menyuruh Joko Membeli Buah Durian Di Pasar

Menyuruh orang ternyata ada caranya loh. Entah itu Anak Buah, Anak Tangga, Anak Burung, tetep ada caranya.

Nah biar jelas, kita pakai contoh ya. Misalnya kita mau nyuruh Joko buat ngambilin pesenan buah di pasar.





1). Gunakan kata Tolong.
Sadari bahwa kita minta tolong. Ini penting banget. Kalo kita ngga menyadari bahwa kita ini  minta tolong, Kita nyuruh Joko buat keperluan kita sendiri ya kan? Bukan keperluan si Joko? Jadi kita harus bersyukur, dia mau repot2 ngambilin pesenan buah jauh2 ke pasar buat kita.

2). Pastikan harganya jelas.
Kalau kita bilang ke Joko harganya 41 ribu, ya harus 41 ribu. Jangan sampai Joko udah bawa duit 41 ribu, jauh2 ke pasar, eh ternyata harganya 107 ribu. Wah repot. Gimana kalau Joko ngga ada duit segitu banyak buat nombokin?

3). Kalau kita tiba2 mau menambah pesanan buah. Pastikan si JOKO TAU!
Misal, eh kita pengin nambah pesanan buah durian 5 ekor, dan buah Pepaya 6 ekor. Nah pastikan si Joko tau. Ntar dia kaget lagi, katanya 41 ribu? kok 107 ribu? Ini bukan salah Joko kalo sampe Joko main bayar sebesar 107ribu.

4. Pastikan kita mudah dihubungi.
Selalu stand by di dekat Henpon. Jangan nanti Joko mau nelpon kita, eh kita nya ngga bisa dihubungi. Padahal Joko mau tanya, harga pastinya tuh berapa? bener 41 ribu sesuai yang kita suruh? atau 107 ribu sesuai yang pedagang buahnya minta?

5. Kalau toh ternyata kita ngga bisa dihubungi, dan akhirnya Joko nelpon ke rumah. Bukan nelpon ke henpon. Ya kita ngga berhak marah. Masa kita marah sama Joko karena dia nelpon ke rumah bukannya ke henpon? Salah siapa kita jauh2 dari henpon? Logikanya gimana kita bisa marah ke Joko? Ga bisa dong?

6. Bilang terima kasih.
Ini penting. Sekali lagi untuk mengingatkan bahwa Joko melakukan ini untuk keperluan kita bukan keperluan nya si Joko. Bersyukur si Joko tulus mau repot2 bantu kita.

Ya udah itu aja tips2 untuk hari ini. Makasih udah nyimak ya guys. Salam Peace Love and Kayang.

Jumat, Februari 17, 2012

Dasar Babi China..

Ini adalah status seseorang di facebook..

Dasar babi cina...!!
Cina ya cina,,mau di apain jg ttp az cina,,
dr lahir sampe mampus pun ttp az cina...
Yg status nya sebagai BENALU & PERAMPOK DI NEGERI ORANG.....!!

Salam GANYANG CINA...!!
Pribumi 666


Sebelum melanjutkan, izinkan saya mengatakan bahwa, tidak semua orang cina itu buruk, dan tidak semua orang non cina itu baik. :)




Saya adalah orang yang memegang prinsip, semakin banyak kita berbicara maka akan semakin banyak kesalahan timbul dari setiap kata-kata kita.

Karena itu saya ngga akan membahas panjang lebar, saya cuma bisa menanggapi seperti ini

Saya ngga pinter kalo masalah ginian. Cuma yang saya pernah tahu, mudah2an ngga salah, yang pernah menjajah indonesia itu belanda sama jepang.

Tapi anehnya ngga ada yg benci belanda atau jepang. china ngga pernah menjajah indonesia. Tp banyak yg benci china :)

Ada yg nulis di kaskus seperti ini. (saya lupa link-nya, dan lupa kata2 persisnya, tapi kira2 seperti dibawah ini)

Dulu waktu dateng ke indonesia, orang2 cina itu juga miskin seperti kita.
Dulu mereka kerja keras, kita malas-malasan.
Dulu mereka kerja keras, kita minta jatah preman.
Duit hasil kerja keras mereka tabung, duit jatah kita pakai buat senang-senang.
Waktu mereka udah kaya, kita tetap miskin.
Sekarang mereka kaya kita marah.



Tapi entahlah.. saya juga ngga ngerti :) saya bodoh dalam hal ini. cuma yang saya tahu, setiap orang china "kaya" yang saya kenal, mereka itu orangnya rajin, pekerja keras, dan sangat berhemat menabung.

Tapi banyak banget juga cina yang saya kenal yang miskin. berarti mereka juga korban penjajahan bangsanya sendiri ya?

Kasihan sekali. udah di negeri orang, eh dijajah sama bangsanya sendiri pula.

Saya lahir di keluarga "pribumi" yang miskin. dan saya bersyukur tahu ada beberapa orang cina yang pekerja keras. membuat saya termotivasi untuk bisa seperti mereka.

Karena saya sadar, selama ini kemalasan saya lah yang menjajah diri saya sendiri. setelah saya bekerja keras, ternyata saya bisa bebas dari penjajahan itu.

Saya belum kaya sekarang, tapi saya bersyukur sekarang bisa mempekerjakan beberapa orang.

Berdasarkan pengalaman hidup saya yang ngga seberapa ini, saya ngga pernah dipersulit sama orang cina. tapi justru oleh sesama orang pribumi lah usaha saya sering sekali dipersulit.

Wah ngomong apa saya.. panjang lebar tanpa ada isinya.. mohon dimaafkan.

Intinya, Indonesia ini terdiri dari keanekaragaman suku, bangsa dan bahasa. Itulah yang membuat kita kuat.

Orang Cina pun banyak yang telah lahir dan besar di Indonesia. Mereka bukanlah bangsa lain, tapi suku lain. Sama seperti halnya ada suku Jawa, suku Batak, suku Minang dll.



Tidak seharusnya setiap perbedaan itu membuat kita terpecah-belah.

Jangan menyalahkan orang lain untuk kegagalan atau kesusahan kita.

Mari saling berlomba dengan sehat untuk menjadi yang terbaik tanpa harus saling menjatuhkan.

Mari bersatu dalam perbedaan.

Mari bersama-sama kita bangun Indonesia kita tercinta ini.

Mohon dimaafkan kalau ada kata-kata yang menyinggung atau melukai. Silahkan tulis keberatan anda, dan saya akan dengan senang hati menghapusnya.

Terima kasih dan salam damai. :)

Selasa, Februari 14, 2012

Rahasia Sukses Orang Hebat

Percaya atau tidak, Orang Besar sudah memiliki "bakat" yang dibawanya sejak kecil. Bakat bahwa dia akan menjadi Orang Besar. Dan ini adalah salah satu dari ciri-cirinya;

Orang besar tidak pernah ragu dan berat hati meminta maaf untuk kesalahannya.

Dan Orang yang lebih besar lagi adalah dia yang tidak pernah ragu dan berat hati untuk memaafkan tanpa harus menunggu permintaan maaf.



Dan untungnya, hal ini bisa dipelajari. Bisa dilatih. Ingin menjadi orang besar? mari sama-sama berlomba untuk memiliki sifat pemaaf dan rendah hati untuk mau meminta maaf, belajar mengakui kesalahan kita. :)

Senin, Februari 13, 2012

Listrik. Yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha warnet.

Listrik adalah salah satu hal pokok dalam usaha warnet. Jika listrik mati, maka warnet pun mati.

Itu artinya listrik mati atau biasa orang menyebutnya mati lampu adalah hal yang paling kita tidak inginkan terjadi di tempat kita.

Berikut adalah beberapa hal yang saya catat selama pengalaman saya beberapa tahun menjalankan usaha warnet.

1. Catat dan simpan nama dan no. telp petugas PLN yang memasang installasi listrik di warnet kita.

Atau jika anda sudah memiliki installasi listrik sebelumnya (meteran), dan hanya menambah daya, maka catatlah nama dan no. telpon petugas PLN yang mengurus proses penambaha daya tersebut.

Hal ini sangat berguna jika nanti di kemudian hari ada masalah dengan listrik di warnet kita, maka kita bisa langsung dengan cepat memanggil petugas PLN tersebut untuk memperbaikinya.

2. Catat no. telpon Kantor pelayanan PLN terdekat.

PLN memang sudah memiliki nomor telpon hunting sendiri, namun kita akan menerima pelayanan yang jauh lebih cepat jika kita menelpon kantor layanan PLN terdekat.

3. Gunakan kabel yang besar, minimal ukuran 2x2,5 untuk installasi listrik.

Petugas PLN tidak tau menahu dengan urusan installasi listrik untuk setiap komputer kita. Kita sendiri yang harus membuat installasi listriknya.

Jadi pastikan bahwa kabel yang digunakan untuk setiap komputer adalah kabel besar dengan ukuran minimal 2x2,5.

Kabel ini pasti tersedia di toko peralatan listrik terdekat.

Harga kabel ini kurang lebih Rp250.000,- / roll.

1 Roll kabel panjangnya lebih kurang 50mtr.

4. Pastikan kebersihan setiap kabel dan terminal-nya.

Pemeliharaan kabel listrik sebenarnya tidak terlalu merepotkan.

Jarang pengusaha warnet yang terlalu serius mengurusi kebersihan kabel dan terminal-terminalnya.

Namun toh nyatanya, karena kelalaian saya dalam memperhatikan kebersihan terminal-terminalnya itulah yang membuat beberapa komputer saya sering mati tiba-tiba.

Terminal listrik adalah yang paling rentan karena pada dasarnya adalah tempat bertemunya komputer dan jaringan listrik.

5. Pastikan setiap kabel listrik mudah dilihat dan dijangkau.

Beberapa kali saya kebingungan karena beberapa komputer saya sering mati dengan tiba-tiba.

Dan keadaan ini semakin diperparah dengan sulitnya saya mengakses kabel-kabel listrik yang ada.

Percayalah, mencari 1 titik permasalahan utama diantara begitu banyaknya kabel itu sangat sulit.

6. Gunakan ukuran NCB yang pas (atau yang lebih besar).

Ada 2 macam NCB. 1 NCB luar yang ada di meteran. dan 1 lagi NCB dalam, biasanya dibagi beberapa buah NCB tergantung pemakaiannya.

Untuk NCB luar biasanya sudah diberikan dari PLN. Menjadi 1 paket dengan meterannya. Dan biasanya kita tidak diizinkan untuk mengotak-atik NCB tersebut. *Karena disegel kan?

Untuk NCB dalam ini kita bebas untuk membaginya menjadi sebanyak berapapun sesuai dengan kebutuhan kita.

Saya rekomendasikan untuk membuatnya menjadi paling banyak 6 komputer / NCB.

Akan lebih baik lagi jika dibagi 3 komputer / NCB.

Dengan demikian, jika terjadi masalah atau korslet atau terjadi hubungan arus pendek, maka tidak akan mempengaruhi komputer-komputer lain.

Hanya komputer-komputer yang di NCB yang sama yang terpengaruh.

7. Tempatkan dalam NCB terpisah alat-alat listrik penunjang. Seperti misalnya AC, Kipas Angin, Kulkas dll.

Saya juga ngga mengetahui penjelasan secara ilmiahnya, tapi berdasarkan pengalaman saya, kipas angin itu ternyata sering mengganggu kinerja komputer dan monitor.

Seringkali monitor saya gambarnya menjadi bergerak-gerak sendiri atau bergaris-garis jika dicolok ke listrik yang sama dengan kipas angin.

Maka sebaiknya pisahkan semua alat-alat penunjang tersebut ke dalam NCB khusus untuk alat-alat penunjang.

8. Gunakan sumber listrik cadangan.

Jika pengunjung warnet anda -mudah-mudahan- sangat ramai, maka tak ada salahnya untuk menyediakan genset.

Genset ini akan sangat berguna jika sedang terjadi pemadaman listrik sementara dari PLN.

Terkadang PLN melakukan pemadaman listrik singkat. Durasi mati-nya ngga lama, mungkin antara 10 menit hingga 1 /2 jam.

Namun walaupun tidak lama, itu cukup untuk "mengusir" pelanggan warnet kita kabur ke warnet lain.

Dan saat itulah genset akan benar-benar sangat berguna.


*Ngomong-ngomong soal genset, saya jual genset loh :D barang masih bagus. Saya lagi butuh modal untuk pengembangan usaha yang lain :p

9. Gunakan UPS untuk server.

Ini adalah poin terakhir, dan menurut saya ini hukumnya wajib.

Jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik dari PLN, dan server kita ikut mati. Maka akan sangat kasihan para pelanggan kita yang baru saja login.

Account Billing mereka akan habis begitu saja begitu listrik akhirnya nyala beberapa jam kemudian.

Tentunya ngga adil buat mereka kan? Dan itu artinya kita mengusir pelanggan jika kita membiarkan account mereka habis begitu saja seperti itu.

Sediakan UPS, sehingga waktu kejadian mati lampu mendadak, kita bisa stop dulu semua account billing pelanggan kita, baru matikan server.

10. Gunakan stabilizer untuk setiap komputer.

Eh tadi katanya poin terakhir, kok masih ada lagi? ^^

Permasalahan paling klasik dari semua pengusaha warnet adalah power supply :)

Power Supply adalah alat yang paling sering rusak selain Keyboard dan Mouse.

Hal ini mudah dimengerti mengingat penggunaan komputer warnet yang bisa dari pagi hingga malam hari. Atau bahkan seharian untuk warnet yang buka 24 jam.

Beberapa komputer saya pernah menyala selama 2 minggu full.

Soalnya ada beberapa pengunjung saya yang maniak game.

Mereka bisa 2 minggu ngga pulang-pulang. Siang malam di warnet terus. Makan, mandi, tidur di warnet. Persis seperti Bang Toyib :D

Oke itu adalah 10 poin yang sebaiknya diperhatikan dalam menjalani usaha warnet.

Mudah-mudahan bisa berguna untuk teman-teman yang sudah atau sedang ingin membuka usaha warnet.

Adios Amigos.

Rabu, Februari 08, 2012

Rahasia Sukses Petani Pohon Jati

Kenapa Petani? Kenapa kok tiba-tiba saya menulis tentang rahasia sukses Petani Pohon Jati? Emang apa yang spesial dengan Pohon Jati?



Sebenarnya bukan tentang Pohon Jati yang akan saya bicarakan. Tetapi tentang kesuksesan para petaninya. Jadi kita ngomongin tentang petani jack? ya, karena kita semua adalah petani :)

Anda semua yang terjun ke dalam dunia usaha adalah petani-petani yang mengerjakan sawahnya masing-masing.


Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh Petani yang sukses.

1. Jangan takut untuk memulai usaha.
Banyak yang gagal menjadi pengusaha karena mereka takut untuk menjadi pengusaha. Aneh ya kalimatnya? Tapi nyatanya memang begitu.

Berapa banyak diantara anda yang sampai sekarang masih belum memulai usaha karena merasa masih belum menguasai benar bidang yang akan anda tekuni?

Jalani aja dulu! Nanti juga pasti menguasai. Kalo ngga terjun-terjun kapan basahnya? Terjun aja dulu, ntar juga basah.

2. Jangan meminta panen pohon besar dari benih yang baru lahir beberapa hari.

 Semua butuh proses. Kalau usaha baru beberapa hari / minggu / bulan lalu nyerah karena ngerasa belum sukses, belum melihat hasil yang besar, belum melihat pohon yang besar. Maka berarti anda mungkin memang tidak layak untuk  menjadi orang sukses. Karena kesuksesan itu dibutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Orang sukses yang anda lihat, yang anda kenal di TV maupun majalah2, mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah dengan usahanya.


Sabar. Jalani saja usaha anda sekarang. Mungkin anda merasa usaha anda saat ini hanyalah usaha kecil yang tidak memiliki masa depan cerah, jalani saja! Bukankah terkadang pintu kecil itu adalah jalan untuk menuju pintu yang lebih besar?

Saya pernah kursus bahasa inggris waktu umur 10 tahun. Dan hari ke -2 saya berhenti karena saya merasa bahasa inggris itu susah.

Gimana mau jadi gampang kalau saya ngga mau belajar? Harusnya Belajar aja dulu, Ntar juga jadi gak susah lagi.Saya merasa sangat amat sangat menyesal.

Lulus SMU saya pernah kursus main Bass. baru 2x pertemuan saya berhenti karena merasa kegiatan saya itu sia-sia. Umur udah 18 tahun, saya merasa terlambat. 2 tahun kemudian saya menangis menyesal karena kemudian ada tawaran yang sangat menarik untuk menjadi seorang pemusik.

Seandainya saja waktu itu saya ngga berhenti kursus musik.

2 Tahun lalu saya pernah memiliki keinginan untuk membuat sebuah program software tentang suatu hal. Kemudian saya tidak lanjutkan. Sekarang? saya menangis lagi, benar2 menyesal. Seandainya saja dulu saya lanjutkan, saya akan sudah bisa menjual software itu ke banyak orang.

Jangan pernah berhenti dari usaha anda, dan kembali menjerumuskan masa depan anda sebagai seorang karyawan. Masa depan anda memiliki hak untuk menjadi lebih baik. Jangan menyerah. Tetaplah tekun!

Rabu, Februari 01, 2012

JUAL GENSET GENERAL ET9000LE 7000WATT

Wah kali ini saya jualan dulu ya hehe. Lagi butuh duit (emang kapan ga butuhnya :p) jadi dijual  cepat GENSET Merk GENERAL Tipe ET9000LE dengan Max Output 7200watt.

Untuk harga dibuka Rp 5.500.000,- (nego tapi ngga afgan :)

Barang bagus, jarang banget dipake. Belum tentu 2 bulan sekali pake, karena dipake cuma kalo bener-bener urgent aja. Sedangkan mati lampu jarang disini. Tapi ya jujur aja, karena ini jarang dipake, otomatis jarang dipanasin, palingan aki (accu) nya harus di charge dulu. Sama aja kayak motor/mobil harus dipanasin. *bener kan ya? :D

Oke langsugn aja, berikut penampakannya





















Gambar lengkap gan, dari zoom in sampe zoom out hehe. Biar jelas gitu, termasuk identitas pemiliknya jelas ^^

Silahkan gan, paling cocok buat usaha ini gan. Bisa buat kantor atau penyewaan genset. Di kampung2 kan sering tuh orang sewa menyewa genset buat hajatan hehe. Kalo ngga buat diri sendiri, tolong ditawarin ke temen ncang ncing nyak babe dan sauri tauladan, komisi mah gampang itu diatur.. masih kaku aja ;)