Selasa, Januari 21, 2014

Hanya Karena Sudah Giat Untuk Tuhan, Belum Tentu Masuk Surga.



Banyak orang yang menyangka bahwa dirinya sudah pasti masuk surga, dengan patokan bahwa dirinya sudah giat dan tekun dalam menyembah Tuhan.

Tapi, apakah mereka benar? Mari kita bahas pasal wajib harian kita kali ini, Roma 10. :)




Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan. (Roma 10:1)


Ayat ini adalah ayat yang ditulis oleh Paulus dengan ilham dari Roh Kudus. Dengan bimbingan Roh Kudus Paulus menuliskan Firman ini.

Disini Paulus sedang berbicara tentang bangsa Israel. Bangsa kesayangan Allah, Bangsa yang dipilih oleh Allah sendiri menjadi bangsa kepunyaanNya.

Supaya mereka diselamatkan.

Pada bagian akhir ayat itu, Paulus berkata tentang doanya supaya mereka diselamatkan. Siapa mereka? Kalau kita baca ayat-ayat sebelumnya, kita akan tahu bahwa mereka yang dimaksud adalah bangsa Israel.

"Supaya" berarti juga bahwa Bangsa Israel sendiri belum diselamatkan. Loh? Bangsa Israel? Kok bisa bangsa ini belum diselamatkan?

Kita baca ayat 2 dan 3, disitu dikatakan bahwa ternyata walaupun bangsa Israel ini adalah bangsa yang giat dalam mencari, menyembah, melayani Tuhan, tapi ternyata mereka belum mengenal Allah dengan sungguh-sungguh.

(2)Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sunguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.

(3) Sebab, olah karena mereka tidak mengenal kebenaran ALlah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.



Itulah sebabnya bangsa Israel / umat Yahudi menolak dan tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan, karena bangsa ini tidak mengenal Allahnya sendiri. (Baca Yohanes 1:10-11)

Perlu diingat juga ya, bahwa sebutan Bangsa Israel juga berlaku buat kita, yaitu Israel-Israel rohani. Umat pilihan Allah, Bangsa yang terpilih, Imamat yang Rajani (1 Petrus 2:9-10)

Bagaimana dengan kita?

Apakah kita termasuk Bangsa Israel yang belum benar-benar mengenal Allah?
Ayo kita bertobat, akui Yesus sebagai Tuhan Allah yang hidup, yang telah menebus dosa-dosa kita dengan darahNya.


Dosa kita telah begitu besar, begitu kotor. Hanya karena amal dan ibadah kita, kita ngga akan mampu menebus dosa-dosa kita sendiri. Hanya darah Yesus yang mampu menebus setiap dosa-dosa kita.

Akuilah Yesus dengan mulutmu, dan percayailah Yesus dengan hatimu, dan hiduplah seperti yang Yesus ajarkan. Tuhan Yesus memberkati. Amen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar