Kamis, Maret 13, 2014

Perpuluhan, Masih Wajib Tidak?


Seru nih ngomongin perpuluhan di FB nya bro Thony Ronaldo (disini )
Ikutan deh nambahin dikit :D

Aku setuju sama kalimat Mas Jo "Well... semua kembali ke diri kita (baca: saya) masing-masing;" (Ini ada di komen di FB nya Bro Thony yang saya share ini)

Ini sama seperti makanan. Dulu di PL, ada makanan haram, tapi di PB sudah tidak lagi. Tapi... toh masih ada orang yang percaya beberapa makanan haram.


Nah, Roma 14 bilang, kalau kita makan, ya bersyukur. Yang ngga makan, ya gpp. Semua mereka lakukan buat Tuhan kan? Yang makan mensyukuri itu berkat dari Tuhan, yang ga makan juga melakukannya buat Tuhan.

Tapi kalo ada yang ragu-ragu, lalu makan, nah itu yang salah.

Jadi perpuluhan pun gitu, kalo mau ya silahkan, ga mau ya gpp. Mana yang hatimu percaya saja :D

Dulu Sunat juga wajib kan? toh sekarang udah ngga lagi.

Bagaimana dengan Perpuluhan? hehe



Di bawah Ini adalah materi yang sering dikotbahkan oleh Pdt Timotius siapa gitu, lupa namanya. Beliau pendeta senior sering mengajar di seminar-seminar pendeta-pendeta di Indonesia.

Aku ambil beberapa point pendek aja.

  1. Zaman PL, orang-orang miskin, orang-orang musafir, para janda, mereka kalo butuh makan datangnya ke Bait Allah, makanya perpuluhan ke Bait Allah, nanti sama para Imam mereka kasih makan ke orang-orang itu.

    Hal ini sesuai dengan kegunaan perpuluhan yaitu untuk orang-orang miskin, janda dll
  2. Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang. (Ulangan 26:12)
  3. Yang sederhana aja. Sunat dulu wajib, sekarang tidak. Kenapa Perpuluhan tetap dipertahankan teguh?
  4. Persepuluhan itu milik Tuhan. Benar. Dan siapakah Tuhan? Apakah Tuhan itu = gereja? Bukan. Matius 25:36-37. (Ketika Aku lapar kamu memberi makan, ketika haus kamu memberi minum, ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan, ketika Aku telanjang, kamu memberi aku pakaian, ketika Aku sakit kamu melawat Aku, ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku)
4 poin itu aja saya rasa sudah cukup kan untuk merubah mind set kita yang selama ini sudah terpola lama. :)

God bless.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar